Langkah-1: IDENTIFIKASI RESIKO-RESIKO POTENSIAL

IDENTIFIKASI RESIKO-RESIKO POTENSIAL DI RUMAH ANDA DAN MULAI MEMPERBAIKINYA

Keamanan terhadap gempa lebih dari sekadar meminimalkan kerusakan dalam gedung. Kita juga harus mengamankan isi gedung untuk mengurangi resiko terhadap kehidupan dan kondisi keuangan kita.

Ratusan orang tewas dan ribuan lainnya cedera akibat isi gedung yang tidak aman, seperti rak buku yang terbalik pada saat gempa. Milyaran rupiah lenyap akibat kerusakan. Kerusakan dan cedera seharusnya dapat dihindari dengan tindakan sederhana berupa pengamanan gedung-gedung dan seluruh isinya.

Secara sederhan Anda harus memperhatikan dan mengamankan benda-benda yang:

  1. apabila terjatuh, benda tersebut cukup berat dan bisa melukai anda, atau
  2. jika jatuh, benda tersebut mudah pecah dan/atau harganya cukup mahal bagi anda.

Tidak hanya  isi rumah tinggal, tetapi amankan juga benda-benda di area lainnya seperti di garasi untuk mengurangi risiko kerusakan kendaraan atau kejatuhan benda berbahaya.

Ada banyak tindakan sederhana yang mungkin bisa andalakukan sekarang dan akan melindungi anda dari gempa jika terjadi besok hari.

Anda bisa melakukan hal berikut  sekarang:

  • Pindahkan rak buku menjauhi tempat tidur, sofa, atau tempat dimana orang akan duduk dan tidur.
  • Simpan dan pindahkan benda yang berat ke tempat yang lebih rendah.
  • Mulailah untuk melihat benda-benda lain di rumah anda yang mungkin sangat berbahaya pada waktu gempa.

Beberapa rekomendasi  pada tulisan ini berupa tindakan yang perlu dilakukan membutuhkan waktu lama dalam penyelesaiannya, tetapi relatif sederhana. Sudah banyak  toko-toko perangkat keras dan pusat kebutuhan rumah tangga yang menjual pita (straps), pengaku (fastener), dan lem (adhesive) untuk fungsi keamanan.

Keamanan di Dapur

Gelas-gelas dan piring-piring bisa jatuh ke lantai akibat terbukanya jendela lemari dapur yang tidak tertutup dengan baik dan aman pada saat gempa . Berbagai tipe kunci tersedia untuk menghindari hal tersebut: kunci anti-anak, kunci hook and eye, atau kunci positive watch yang didesain untuk boat. Perangkat saluran gas sebaiknya mempunyai koneksi fleksibel untuk mengurangi risiko kebakaran. Amankan kulkas dan perlengkapan besar lainnya dengan mengaitkannya dengan pita gempa ke dinding.

Benda-benda di peletakan terbuka dan di atas meja

Porselen, pigura, kendi, dan lampu-lampu, jika jatuh pecahannya dapat menjadi sangat berbahaya. Gunakan pengaku kait dan pengaku putar di meja dan pada benda-benda tersebut. Bisa juga memakai lem yang tidak merusak seperti pengait gempa (earthquake putty), clear quake gel, atau semir mikrokristal (microcrystallyne wax) agar aman dari pecah di tempat. Pindahkan benda-benda yang berat dan mudah pecah ke tempat yang lebih rendah.

Benda-benda digantung

Kaca-kaca, bingkai gambar, dan benda lainnya sebaiknya digantung dekat dengan kaitannya ke dinding sehingga pemantulan akibat benturan ke dinding dapat dihindarkan. Sudut bingkai gambar-gambar dan cermin dapat juga diamankan dengan pengait gempa. Untuk tempat tidur dan sofa disarankan hanya memakai bahan lunak seperti tapestries .

Barang Elektronik

Benda-benda seperti televisi, mini-compo, computer, microwave dan barang elektronik lainnya sangatlah mahal. Benda-benda tersebut dapat diamankan dengan lakban nilon fleksibel dan pengaku untuk kemudahan pemindahan dan relokasi.

Furnitur

Sisi atas furniture yang berat, seperti rak buku dan filing cabinet, sebaiknya dikaitkan ke dinding, agar aman. Yakinkan kait sudah diangkur dan terpaku ke tembok dan bukan ke drywall (dinding gypsum). Pengaku fleksibel seperti lakban nilon mengijinkan furniture bergoyang tetapi tidak akan terguling/terbalik, dan akan mengurangi tekanan berlebihan pada paku. Papan rak lepas (knock-down)  juga dapat diamankan dengan memberikan lem gempa pada setiap sudutnya.

Garasi dan Ruang perlengkapan

Benda-benda yang disimpan di garasi dan gudang perlengkapan dapat saja jatuh, menyebabkan cedera, kerusakan, tumpah, dan sobeknya bahan berbahaya. Jika terjadi juga dapat menghalangi akses ke kendaraan dan akses keluar. Pindahkan benda-benda yang bisa meledak dan berbahaya ke tempat yang lebih rendah atau di lantai.

Pemanas Air

Pemanas air yang tidak aman sering terjatuh, koneksi kaku air dan gas bisa rusak. Pemanas anda tidak tersangga dengan baik jika tidak mempunyai dua lakban yang dikaitkan pada paku atau ke bata dari dinding.

About Todung R Siagian

Bapak dari Juan, Mika, dan Jethro. Suami dari Theresia
This entry was posted in Persiapan Menghadapi Gempa and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s