Tujuh langkah untuk Keamanan terhadap Gempa

Langkah-langkah ini dibuat oleh anggota Earthquake Country Alliance, yang menyertakan ahli professional gempa, manajer keadaan darurat, pemerintah, pemimpin bisnis dan komunitas, dll.

Rekomendasi-rekomendasi didasarkan pada sumber-sumber dan saran dari banyak organisasi.

Anggota dari Earthquake Country Alliance mempunyai tugas khusus sebelum, selamaa dan sesudah gempa, untuk mengurangi kerusakan dan cedera, dan mempercepat pemulihan.

Lakukan bagian anda.

Beranikan melakukan apa yang diterangkan dalam bagian berikut.

Gempa tidak terhindarkan, tetapi kerusakan yang ditimbulkannya bisa dihindari- bahkan dalam sebuah gempa besar seperti patahan San Andreas.

Banyak orang berpikir bahwa kehancuran yang diakibatkan gempa tidak dapat dihindarkan, dan satu-satunya pilihan kita hanyalah mengumpulkan puing-puing setelah berhentinya gempa. Pada kenyataannya, hampir semua kerusakan dan kehilangan akibat gempa dapat dikurangi dengan langkah-langkah yang diambil sebelum, selama, dan setelah gempa terjadi. Banyak juga yang berpikir bahwa keruntuhan pada gedung lah yang mengakibatkan kebanyakan kerusakan dan cedera terjadi. Padahal, tidak melulu hanya seperti itu.

Gedung-gedung telah didesain dengan semakin lebih baik, banyak korban cedera dan jiwa yang terjadi pada sebuah gempa diakibatkan oleh benda-benda yang jatuh dan atau beterbangan menabrak korban.

Tujuh langkah berikut termasuk dalam rangkaian tindakan yang dilakukan sebelum, selama dan sesudah gempa untuk keamanan dan mengurangi kerusakan potensial. Sebagai tambahan untuk langkah-langkah yang harus diikuti di rumah, sebaiknya juga diikuti di sekolah, tempat kerja, dan fasilitas lainnya. Jika kita bisa mengikuti semua langkah-langkah ini, kita dapat menghemat milyaran rupiah dan menghindarkan korban yang tidak terbayangkan pada sebuah gempa besar di masa depan.

Kita semua terpengaruh dengan kejadian gempa, jadi ceritakanlah kepada keluarga, teman, tetangga, dan rekan kerja tentang apa yang anda pelajari dari tulisan ini tentang gempa di California. Kemudian diskusikan apa yang telah dilakukan setiap orang untuk persiapan, dan rencanakan bersama apa yang dapat dilakukan.

Kunjungi www.daretoprepare.org untuk versi bahasa Inggris dan untuk instruksi dan bahan-bahan yang dapat anda diapakai untuk menolong.

Ikuti tujuh langkah untuk mempersiapkan rumah, sekolah, dan tempat kerja anda untuk gempa yang terjadi di masa datang.

Mulai disini…

About Todung R Siagian

Bapak dari Juan, Mika, dan Jethro. Suami dari Theresia
This entry was posted in Persiapan Menghadapi Gempa and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s