Lindungi Diri Anda selama Gempa….. prosedur Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! (Drop!, Cover!, and Hold On!)

Pengalaman pribadi anda dengan kejadian gempa di masa lalu mungkin memberikan pelajaran yang salah bagaimana seharusnya melindungi diri anda pada saat gempa. Pada saat tersebut, anda bisa saja diam terpelongo, atau lari menyelamatkan diri ke luar gedung, dan selamat tanpa terluka sedikitpun. Mungkin anda langsung berlindung di bawah meja, dan orang lain menganganggapnya berlebihan.

Mungkin anda belum pernah merasakan gempa yang sangat kuat dan tiba-tiba dan terjadi dalam hitungan detik, yang bisa menggoyang gedung atau menggeser tanah dalam hitungan meter. Gempa seperti ini akan membuat benda di atas bumi ini seperti tidak ada artinya. Perkakas dan furniture di dalam ruangan bisa beterbangan dan menghantam anda sehingga terluka serius. Gempa seperti ini membuat gedung bisa runtuh, walau jarang. Siapkah anda menghadapi gempa seperti itu dengan mengetahui tindakan yang paling tepat untuk menghadapinya?

Ilustrasi cara berlindung yang benar selama gempa yang disarankan dalam tindakan "Berlutut! Lindungi!, Pegang!" (Courtesy of http://www.earthquakecountry.info/roots/step5.html)

Pemerintah federal, negara bagian,  badan keadaan darurat di Amerika, palang merah, dan organisasi-organisasi resmi persiapan bencana lainnya sepakat bahwa untuk mengurangi resiko cedera  maka prosedur tindakan Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! adalah tindakan yang tepat selama gempa berlangsung. Makalah ini mengandung informasi penting yang mungkin dapat menyelamatkan nyanwa anda pada gempa yang terjadi di masa depan.

Tim Penyelamat Resmi  di berbagai belahan dunia yang dikirim ke lokasi gempa dan bencana lainnya, dan yang mencari korban-korban dari gedung yang runtuh, secara terus menerus merekomendasikan  apa  yang secara internasional disebut protokol Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang!(Drop, Cover, and Hold On!) untuk melindungi diri anda pada saat kejadian gempa.

Karena efek dinamis gempa pada struktur, Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! adalah instruksi paling tepatyang dapat kita ikuti untuk melindungi diri pada berbagai macam situasi.

Gempa terjadi tanpa ada peringatan lebih dulu.  Kekuatannya bisa sangat ganas sehingga anda mungkin tidak bisa menghindar atau lolos.  Anda akan merasa dijatuhkan ke tanah atau ke lantai  dimana  anda berada. Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! akan memberikan anda kesempatan berlindung untuk melidungi diri dari gempa.  Perlindungan ini bisa saja pada saat gempa yang kekuatannya hanya menggeser furniture di dalam ruangan, atau bahkan di dalam gedung yang sudah rubuh total akibat gempa.

Berlutut/tiarap (dropping), melidungi kepala dan badan di bawah meja yang kuat  jika mungkin (cover your head), dan berpegang erat pada sebuah furniture (holding onto furniture) meski dalam keadaan bergerak dan bergoyang akan memberikan tingkat perlindungan keseluruhan pada berbagai situasi.  Dalam hal  terjadi gempa yang ganas, anda juga bisa bergerak ke posisi yang lebih aman (menjauhi jendela yang pecah, dll) sambil anda tiarap di lantai, melindungi kepala, dan berpegang pada benda yang solid.

Berbagai pelajaran yang didapatkan dari cedera dan korban jiwa yang terjadi akibat gempa dalam beberapa dekade memperlihatkan bahwa potensi cedera yang besar sangat mungkin terjadi akibat tertimpa atau tertabrak benda yang beterbangan (TV, lampu, gelas/kaca, lemari buku)  dibanding yang tewas tertimpa dalam sebuah gedung yang rubuh. Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! akan  melindungi anda dari cedera- cedera tersebut.

Jika tidak ada tempat di bawah meja atau furniture terdekat yang dapat memberikan perlindungan dari benda-benda berbahaya tersebut, maka anda harus berada dekat furniture yang besar seperti sofa. Lindungi kepala dan berpegang pada furniture tersebut apabila bergerak. Jika tidak ada furniture, maka tepat di sebelah dinding dalam (interior wall)  juga menjadi pilihan. Jika anda sedang berada di atas tempat tidur,  maka pilihan terbaik adalah diam dan melindungi kepala dengan bantal.

Perlu diketahui, di daerah yang tingkat kegempaanya tinggi, peraturan gedung yang ketat akan mengurangi risiko keruntuhan bangunan. Hal ini bisa ditemukan sebagai contoh di California, dimana peraturan teknik gedung sangat kaku dan ketat. Akan tetapi kemungkinan keruntuhan bisa terjadi di berbagai struktur bangunan seperti bata tak bertulangan, atau berbagai gedung yang dibangun dengan tidak mengikuti peraturan mutakhir.

Satu-satunya pengecualian pemberlakuan posisi Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! adalah jika anda berada di gedung yang dibangun dengan tidak mengabaikan masalah teknik, atau anda berada di lantai dasar dari sebuah gedung  bata-lumpur tak bertulang dengan langit-langit yang berat. Dalam kasus ini, anda harus segera bergerak keluar ke arah ruang terbuka.  Tetapi, apabila anda berada di gedung yang sudah didesain terhadap gempa, hal ini tidak dianjurkan (bukan pilihan pertama).

TIP:Jika anda terjebak di gedung yang runtuh, sangat penting untuk melindungi aliran udara dari debu dan puing dengan bernafas memakai pakaian sebagai saringan udara atau benda lainnya seperti masker (jika ada dekat tempat berlindung); periksa jika ada yang luka dan kontrol jika terjadi pendarahan; cari sumber cahaya jika memungkinkan; dan usahakan mengetuk benda padat dengan batuan atau alat lain agar tempat anda diketahui tim penyelamat. Atur dan simpan oksigen dan tenaga. Hindari berteriak untuk pertolongan sampai anda yakin tim penolong dekat dengan lokasi anda.

Tenaga penyelamat professional telah dilatih untuk mengetahui kemungkinan keruntuhan bangunan untuk mengindentifikasi lokasi potensial korban selamat.

Jika gedung rubuh, seturut prosedur,  tim penyelamat akan mencari korban di antara reruntuhan, memakai peralatan-peralatan yang diperlukan, memakai anjing, dan peralatan elektronik yang dapat mendeteksi tanda kehidupan. Korban selamat biasanya ditemukan pada sebuah ruang yang cukup untuk menampung ukuran manusia di antara puing-puing reruntuhan yang disebut “Ruang Kosong Penyelamat” (Survivable Void Space). Ukurannya dapat sebesar ukuran orang dewasa, atau malah seukuran anak kecil atau bayi, benar-benar sebuah ukuran yang sangat kecil.

Tujuan utama dari Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! adalah melindungi anda dari puing-puing yang jatuh atau melayang dan berbagai bahaya akibat benda non-struktur, dan meningkatkan kemungkinan bahwa anda akan mempunyai Ruang Kosong Penyelamat jika gedung pada akhirnya rubuh.

Protokol Segitiga Kehidupan (tidak disarankan)

Akhir-akhir ini, lewat e-mail beredar juga  alternatif tindakan selain prosedur Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang!. Cara tindakan alternatif yang disebut Segitiga Kehidupan (triangle of life) dan beberapa tindakan lain yang direkomendasikan sangat potensial mengancam jiwa. Kredibilitas sumbernya juga dipertanyakan.

Alternatif  Segitiga kehidupan (tapi tidak direkomendasikan) mendasarkan konsepnya pada Ruang Kosong Penyelamat, tetapi membuat beberapa asumsi yang salah, yakni: 1) gedung-gedung selalu runtuh dan menghancurkan semua furniture dalam gedung; 2) penghuni dapat mengantisipasi bagaimana gedung akan runtuh dan mengantisipasi posisi Ruang Kosong Penyelamat; dan 3) selama terjadi goyangan yang besar, orang-orang dapat bergerak ke lokasi yang diinginkan.

Para ahli sepakat bahwa dalam kasus ekstrim dan sangat jarang terjadi yaitu gedung runtuh, pada periode masa goyangan gempa hingga keruntuhannya,  penghuni tidak akan dapat mengantisipasi lokasi atau bergerak ke arah ruang kosong penyelamat. Rekomendasi lain dari Segitiga Kehidupan berdasarkan asumsi yang salah dan sangat berbahaya. Sebagai contoh, rekomendasi agar anda keluar dari dalam mobil pada saat gempa dan berbaring di sebelahnya mengasumsikan bahwa selalu ada jalan bebas hambatan tepat di atas anda yang akan menimpa dan menghancurkan mobil anda. Tentu saja pada kasus tertentu akan ada situasi dimana anda berada di bawah jalan bebas hambatan. Akan tetapi berbaring di samping mobil anda adalah berbahaya  sebab bisa saja mobilnya bergerak dan meremukkan anda.

Kumpulan penolakan berbagai organsasi terhadap rekomendasi ini dan berbagai kontroversinya dapat dilihat secara online di www.earthquakecountry.info/dropcoverholdon.

Kesimpulannya, apabila diterapkan dengan benar dan ada kepedulian pada lingkungan sekitar anda, prosedur Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! adalah prosedur tunggal sederhana yang paling efektif yang dapat anda lakukan ketika terjadi gempa. Informasi detail dalam bahasa Inggris tentang apa yang harus dilakukan selama kejadian gempa dapat ditemukan pada www.earthquakecountry.info/roots/step5.html.


 

About Todung R Siagian

Bapak dari Juan, Mika, dan Jethro. Suami dari Theresia
This entry was posted in Persiapan Menghadapi Gempa and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Lindungi Diri Anda selama Gempa….. prosedur Berlutut!, Lindungi!, dan Pegang! (Drop!, Cover!, and Hold On!)

  1. Pingback: Tanggap Tsunami | Struktur untuk Awam – BENCANA ALAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s