Gempa Honshu, Jepang 11 Maret 2011

Ringkasan Tektonik

Jepang terletak pada sebuah daerah dimana 4 lempeng tektonik bertemu satu sama lain. Lempeng-lempeng tersebut adalah lempeng Eurasia, Amerika Utara, Pasifik, dan Philippina.  Daratan Jepang berada di atas 2 lempeng tektonik, yakni lempeng Amerika Utara dan lempeng Eurasia. Pertemuan kedua lempeng ini berada di tengah-tengah Kepulauan Honshu. Inilah menjadi salah satu alasan mengapa Jepang banyak mengalami kejadian gempa. Juga yang mengakibatkan banyaknya pegunungan api di negara ini.

Pertemuan Lempeng tektonik di Jepang: Philippina (1), Pasifik (2), Amerika Utara (3), dan Eurasia (4). Sumber: BBC.com

Palung Jepang

Gempa yang terjadi pada hari ini, Jumat 11 Maret 2011 dengan perkiraan  awal magnitude sebesar 8.9, terjadi di  pantai timur Honshu, Jepang.

Gempa ini terjadi sebagai hasil dari thrust faulting (patahan yang saling mendorong) di dekat pertemuan  zona subduksi antara lempeng Pasifik dengan Lempeng Amerika Utara. Lempeng Pasifik bergerak ke arah barat dari Lempeng Amerika utara sekitar 83 mm/tahun. Lempeng  Pasifik menujam pada palung Jepang dan menukik ke mantel bumi di  bawah lempeng Eurasia  di arah barat . Lokasi, kedalaman, dan mekanisme kejadian gempa 11 Maret ini konsisten dengan kejadian-kejadian patahan yang saling mendorong yang terjadi akibat subduksi di sepanjang perbatasan lempeng.

Gempa 11 Maret ini diawali oleh sekumpulan gempa susulan dari sebuah gempa besar dalam dua hari belakangan. Pada tanggal  9 Maret 2011 terjadi gempa dengan besar M 7.2 yang lokasinya berjarak sekitar 40 km dari gempa 11 Maret.  Gempa ini diikuti oleh tiga gempa dengan kekuatan M 6 pada hari yang sama.

Data gempa yang didapatkan dari Badan Survey Geologi Amerika Serikat (USGS) adalah sebagai berikut:

Magnitude 8.9
Waktu
  • Jumat, 11 Maret , 2011 jam 05:46:23 UTC (12.46: 23 WIBB)
Lokasi 38.322° LU, 142.369° LS
Kedalaman 24.4 km (15.2 mil)
Daerah DEKAT PANTAI TIMUR HONSHU, JEPANG
Jarak 130 km (80 mil) Timur of Sendai, Honshu, Jepang
178 km (110 mil) Timur Yamagata, Honshu, Jepang
178 km (110 mil) Timur Fukushima, Honshu, Jepang
373 km (231 mil) Timur Laut TOKYO, Jepang
Ketidakpastian Lokasi horizontal +/- 13.5 km (8.4 mil)

Palung Jepang yang merupakan zona subduksi telah mengalami  sembilan  kejadian gempa dengan magnitude lebih besar dari M 7 sejak tahun 1973. Gempa terbesar sebelumnya terjadi pada Desember 1994 dengan lokasi sekitar 260 km dari lokasi gempa 11 Maret 2011.  Gempa tahun 1994 ini mengakibatkan 3 orang meninggal dan korban luka 700 orang. Pada tahun 1978, gempa dengan besar M 7.7 dengan lokasi 35 km pada arah barat daya mengakibatkan korban meninggal 22 orang dan 400 terluka.

Setelah gempa besar ini,  terjadi tsunami yang melanda hampir seluruh Jepang. Daerah Sendai, adalah daerah yang paling parah diamuk tsunami. Peringatan dini tsunami segera diterbitkan setelah gempa terjadi pada pantai-pantai di samudera Pasifik.  Peringatan dini tsunami untuk gempa ini dapat dilihat pada Pacific Tsunami Warning Center

Kejadian tsunami yang maha dahsyat yang mengikuti gempa ini terekam secara langsung oleh Televisi Nasional Jepang (NHK)  dan cuplikan yang disiarkan lewat TV CNN dapat dilihat pada tautan di bawah ini 

Dua belas jam setelah kejadian gempa, terjadi sekitar 30 gempa susulan.

Sumber Utama:

USGS: http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/eqinthenews/2011/usc0001xgp/#details

About Todung R Siagian

Bapak dari Juan, Mika, dan Jethro. Suami dari Theresia
This entry was posted in Gempa-gempa Besar and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s